Thursday, November 27, 2014

Menara BTS dan Tiang Radio skala HO 1 : 87

BTS (Base Transceiver Station) bila ditinjau dari segi Arsitektur sebuah Sistem jaringan Seluler adalah salah satu sub sistemnya, berfungsi sebagai pemancar dan penerima yang memberikan pelayanan langsung ke mobil stasiun/ Handphone, atau merupakan perangkat interface antara Mobil Station dan MSC (Mobil Switching Center). Bentuk tiang BTS ada 3 macam : Monopode, Triangle dan Square.
Tiang BTS
    Banyak orang bilang kalo di Indonesia terlalu banyak tower, baik tower untuk pemancar telekomunikasi, pemancar TV, radio maupun untuk kebutuhan lainnya. Bahkan karena terlalu banyaknya tower yang berdekatan, pengamat tata-kota mengistilahkan indonesia sebagai hutan tower. Bagaimana tidak, undang-undang di indonesia sendiri yang kurang mendukung karena hanya mengatur ijin IMB (ijin mendirikan bangunan) saja tetapi tidak mengatur bagaimana jika ada perusahaan telekomunikasi baru/ lain yang juga ingin membangun tower di tempat yang lokasinya berdekatan dengan lokasi yang sudah ada towernya. Hal inilah yang menyebabkan banyak tower yang letaknya berdekatan.

Perusahaan telekomunikasi yang pertama kali membangun tower dilokasi tersebut tidak mau menyewakan towernya kepada perusahaan telekomunikasi sainggannya yang juga ingin menempatkan antena nya di lokasi itu. Beberapa alasan perusahaan tersebut adalah karena takut terjadi interferensi frekuensi, takut terjadi sabotase, takut kalah saingan dalam menarik pelanggan, takut keamanan dan kerahasiaan perusahaan diketahui oleh perusahaan competitornya yang ingin menyewa towernya dan masih banyak alasan lainnya.
Hutan Menara BTS
    Berdasarkan penjelasan diatas, diorama kereta api kita juga bisa menggunakan beberapa menara BTS di tempat tertentu, agar terlihat realistis sesuai kondisi di Indonesia. Pernah mencoba membuat menara BTS dengan kawat baja (lebih kuat/ kaku/ tidak lentur dari kawat biasa), namun pengelasan/penyolderan mengalami kesulitan.
    Dari beberapa percobaan pembuatan miniature BTS, akhirnya bahan utama kami pilih bambu. Berikut ini pembuatan miniature menara BTS sesuai dengan skala HO  1:87, bahan dan alat yang digunakan bambu, lem power glue, pisau cater, penggaris, dempul dan finishing dengan cat. untuk lebih ralistis lagi tambah tangga dan lampu plip-plop di ujung menara.

Alat dan Bahan
Proses 1 Rangka Awal
Proses 2 Rangka berikutnya
Proses 3 Pengecatan
GAMBAR 2GAMBAR 2
Untuk Tiang BTS Stock & Harga = SMS 081286875978




Tiang Pemancar Radio Triangle
Pemancar radio FM merupakan media yang cukup efektif untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat dan media hiburan bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya. Berikut ini pembuatan tiang pemancar radio skala HO 1:87.


Anda bisa memesan Tiang Menara BTS, Tiang SUTET dan Tiang Pemacar Radio bila berencana membual diorama Kereta Api dengan skala 1:87. atau anda yang sudah mempunyai diorama Kereta api model agar lebih indah dan lebih realistis. Meskipun pembuatanya handmade tapi kami berusaha membuat sebaik mungkin. 
SMS ke  081286875978

Salam handmade........



1 comment: