Friday, October 17, 2014

Miniatur Model Kereta Api

    Kereta Api Model adalah sebuah mainan atau replika kereta api sebenarnya yang dibuat mainan menggunakan skala tertentu ( di Indonesia skala yang dipakai Ho dan N ). Kereta api model atau kereta api miniatur sejatinya adalah sebuah mainan yang dapat bergerak maju atau mundur diatas rel, Dan kereta ini digerakkan menggunakan arus listrik yang diatur oleh pengontrol. Penampilan serta model miniatur kereta api ini nampak tidak ada bedanya dengan kereta api sungguhan yang sering kita lihat di stasiun maupun di perlintasan kereta api. oleh karena itu kereta model ini disukai semua kalangan (tua, muda, anak2 dan kaum hawa).
   Kereta api model sendiri merupakan hobby yang baik dan sangat edukatif yang mana didalam hoby ini untuk membuat suatu layout terdapat unsur pendidikan, seperti elektro untuk kelistrikan, arsitektur untuk membangun dioramanya (membuat rumput, pohon, gunung, dll) dan juga melatih ketelitian, kesabaran, ketenangan, pengetahuan, persahabatan juga memicu untuk mencintai kereta api. Bahkan hobby yang satu ini sangat erat hubungannya dengan hobby fotography, artinya kalau koleksi ataupun item Kereta Api model ini divisualisasikan dengan baik maka dapat kita sharing kepada rekan yang lain untuk dijadikan referensi ataupun hanya sebagai penghibur saat waktu senggang tentunya dengan foto yang cukup lengkap maka dapat dilihat dan diperhatikan detail Kereta Api model tersebut, seperti hunting foto kereta sesungguhnya. 
    Hal yang paling menarik didalam hobby ini dapat dilakukan siang dan malam dan tidak perlu keluar rumah. Hobby ini tidak mengenal musim baik panas atau hujan….lanjut terus. Hobby ini dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga atau dengan rekan grup.

 Langkah Awal Mengenal Hobi Kereta Model


Sebagai pemula banyak sekali pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang bagaimana memulai hobby kereta api model ini, sebenarnya ada banyak cara untuk memulai hobby kereta api model ini agar terlaksana, contoh seperti berikut : 
  • Space (Ruang/tempat)Adalah ruangan yang akan digunakan sebagai layout kereta model tersebut. Mengukur dengan baik luas ruangan yang akan digunakan sangat penting. Karena keberadaan meja layout juga menjadi penentu baik tidaknya tata ruang di dalam rumah. Tampilannya juga harus memikat, mudah dilihat, dijangkau, dirawat dan dioperasikan. Disarankan untuk ketinggian meja memakai ukuran setinggi pusar orang dewasa. Sehingga didapat sudut pengendalian kereta model yang nyaman & tepat serta tidak terjangkau oleh tangan anak kecil. 
  •  Skala HO atau N : Setelah ruangan yang akan digunakan diketahui, penentuan skala bisa diperkirakan dari ukuran meja layout yang akan dibuat dengan melihat ketersediaan ruangan yang nanti akan dipakai. Bisa menggunakan skala HO dengan perbandingan 1 : 87 atau skala N dengan perbandingan 1 : 160 dari kereta aslinya.
  • Perencanaan Lay Out : Merencanakan suatu lay out bisa menggunakan bantuan software/aplikasi yang biasa disebut track plan, atau bisa juga dengan mengandalkan imajinasi kita tapi harus dipertimbangkan matang sebelum diputuskan.
  • Jenis Kereta Model : Menentukan jenis Kereta model biasanya mengikuti dari tema diorama itu sendiri, apakah model indonesia, USA, Jepang dan Euro, untuk model indonesia belum memiliki produsen didalam kereta model itu sendiri, namun hand made dari para penghoby bisa jadi pilihan untuk ikut bersaing dengan jenis model pabrikan yang umum digunakan hobies di seluruh dunia, baik di skala HO atau N.
  • System Control :  Suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan rangkaian kereta model. Saat ini ada dua system yang sering kita jumpai yaitu analog dan digital. System ini harus ditentukan sejak awal karena sangat berpengaruh pada penataan dan penggunaan piranti elektronik pendukung pada diorama atau layout.

Membuat Keputusan dan Tujuan

Sekarang Anda tahu sedikit lebih banyak tentang miniature model Kereta Api,  Hal yang paling utama adalah Anggaran., Cara yang di atas tidaklah baku, karena semua itu tergantung dari individu masing-masing untuk menentukan dan anggaran dana (budget). Hubungan skala dan biaya tidak sesederhana seperti yang kita pikirkan. Model yang murah dan mahal tersedia dalam berbagai ukuran. 
    Pada akhirnya, itu bermuara pada apa yang paling Kita nikmati tentang hobi dan apa yang ingin Kita lakukan. Menyeimbangkan tujuan-tujuan tersebut dengan ruang yang Kita sediakan, anggaran dan kemampuan fisik akan menghasilakan hasil akhir yang sempurna. 
    Apakah Anda menikmati membuat bangunan secara detail, atau Anda lebih suka model siap-to-run? Apakah Anda ingin menjalankan kereta api terus menerus, membuat banyak aksesoris diorama, rencana operasi berbasis prototipe, membuat diorama banyak orang-orangan, membuat layout pemandangan yang luas dan besar, atau layot sesuatu yang kecil sederhana atau portabel, atau kombinasi dari apapun di atas?

Berikut ini contoh diorama kereta api :
Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari hobi ini, setelah memutuskan….

Mari kita mulai……Jangan khawatir maju terus!!!
 (data dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment