Sunday, January 30, 2011

Bagaimana memasukan kapal dalam botol?


Beberapa orang melihat benda ini pasti bertanya, "Kok bisa, miniatur kapal ini di masukan ke dalam botol, gimana?". Orang yang bijaksana akan menjawab pertanyaan yang barangkali telah diajukan oleh ratusan orang. Tiap pengrajin (sy bilang seniaman) mempunyai cara / metoda yang berbeda-beda untuk memasukan kapal tersebut, sesuai dengan ide dan kreatifitas masing-masing. Namun hasil akhirnya sama saja = kapal dalam botol begitu artistic indah dan imposible.
Ada sebagian seniaman merahasikan pembuatan karya ini…atau ada yang menjawab   dengan senyum saja… Entahlah…. Mungkin agar menjadi sebuah misteri……
Kalo anda bertanya ke pada saya.    Jawabanya "Ya dimasukin satu persatu, pakai pinset". Benar, begitulah salah satu metode pembuatannya. Bahan-bahan yang dipersiapkan seperti, badan kapal kayu, tiang bambu, kain/ kertas atau kulit jagung, benang dan hiasan lainnya dimasukkan kedalam botol satu persatu. Sebelumnya kapal dirangkai diluar botol untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi. Pinset yang digunakan berbeda-beda tergantung besar/kecil dan panjang/pendeknya botol.

Metode lainya dengan sulap…..(cerita teman..mengenai temannya) kapal/figura/boneka yang sudah jadi (disulap) dimasukan lewat belakang botol….tidak lewat lubang botol…katanya. Entahlah…coba perhatikan ini…
Metode lain yang pernah sy coba adalah metode berikut ini. Hasil pencarian di internet dari om google tentunya…

How to put the ship in a bottle?

Artem Popov. Building of ship models in bottles


There are many methods for putting a ship in a bottle. The secret of getting the ship in a bottle is the masts. The simplest and most widespread way of inserting a ship into a bottle is turned back masts with a long thread running out of the bottle neck. The mast has a hinge at the bottom, which permits the mast to easily lie back. There are many different types of hinges which could be used. When you pull the thread that is running out of the bottle neck, the mast is raised to a vertical position. It is necessary afterwards to cut this thread.
Hinge types:














Semoga bisa dipahami .......

1 comment:

  1. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk artikel dan tutornya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    ReplyDelete