Friday, December 7, 2012

Kapal Layar

Kapal layar adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu dan cukup lama digunakan sebagai tulang pungung pelayaran baik bersifat sipil maupun militer sampai penemuan mesin uap dan kapal besi/baja pada abad ke 19 seiring dengan ramainya revolusi Industri yang dipelopori oleh Inggris melalui penemuan mesin uap oleh James Watt.

Pada awalnya, kapal layar digerakkan oleh tenaga manusia sebagai pendayung dan layar. Model dari kapal jenis ini dapat dilihat pada kapal Viking, Kapal Mesir Kuno, Kapal Romawi Kuno, Kapal India Kuno sampai masa Kapal Borobudur yang sudah menggunakan kapal layar. Seiring dengan perkembangan, maka digunakan kapal layar bercadik seperti yang dijumpai di Indonesia, Kapal dengan menggunakan layar segitiga seperti yang dijumpai di Timur tengah dan Kapal layar segi empat yang digunakan oleh Bangsa bangsa Eropa menjelang memasuki abad penjelajahan, Serta kapal layar lipat dengan model yang dijumpai di Jepang ataupun China.

Pada masa kini umumnya kapal layar dilengkapi dengan mesin tempel untuk menghadapi kemungkinan tidak bertiupnya angin pada daerah daerah tertentu agar tetap melanjutkan perjalanannya. (Sumber : Wikipedia  bahasa Indonesia )

Berikut ini Kapal-kapal Layar Indonesia :

KRI Dewaruci
KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayanngan Jawa, yaitu Dewa Ruci.
Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter, bobot mati 847 ton dari kelas Barquentine ini dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Kapal ini memiliki 3 tiang utama yaitu tiang Bima, Yudhistira dan Arjuna serta memiliki 16 layar.
Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953.
Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.
KRI Arung Samudra 
KRI Arung Samudra

KRI Arung Samudra adalah kapal perang Indonesia berbentuk kapal layar yang mempunyai anak buah kapal sebanyak 16 orang. Kapal  ini telah berlayar mengelilingi dunia semenjak 14 April 1996. KRI Arung Samudra relah melawat Austeralia, Kepulauan Chagos, Seychelles, Yaman, Arab Saudi, Italia, Spanyol, Perancis, Maroko, Kepulauan Karibia, Panama, Meksiko, Hawai, Jepang, Hongkong dan Singapura.



Phinisi
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makasar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang; umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia
Kapal Jung
Kapal Jung adalah sejenis kapal layar, yang banyak terdapat di perairan Asia Tenggara sampai ke pantai timur Afrika.

 Kapal Layar Jaman Dulu :
Viking
Viking adalah kapal yang dibuat di zaman Viking pada tahun 1000 S.M. di Eropa Utara. Kapal-kapal di zaman Viking terkenal mampu berlayar dengan cepat di sungai maupun di laut. Ciri khasnya adalah adanya lambang kepala naga di depan kapal. Lambang itu menggambarkan bangsa Viking yang tidak mengenal rasa takut.
Greek Troya War

Kapal-kapal Layar Dunia yang Terkenal :

Amerigo Vespucci
Belem
Cutty Sark
USGC Eagle
Gloria
Palada
Marco Polo
Nippon Maru
Kaiwo Maru
Juan Sebastian Elcano
Santa Eulalia
Etoile
Foto dan data Kapal di atas hasil browsing di internet, mohon maap bila ada yang keliru….

3 comments:

  1. Kapal Viking lumayan terkenal. pasukan laut jaman dulu yang tangguh.

    ReplyDelete
  2. Kapal dewa ruci adalah kapal layar kebanggaan bangsa indonesia sampau saat ini

    ReplyDelete
  3. Kapal nya nabi nuh yang bawa ratusan hewan ternak

    ReplyDelete